Partisipasi Masyarakat

Masyarakat Percaya Pemerintah Kalurahan Panggungharjo Anti Korupsi

pada

Lurah Panggungharjo: 95,1% Persepsi Masyarakat Terhadap Budaya Anti Korupsi di Lingkungan Pemerintah Kalurahan Panggungharjo

Hasil survei Pemerintah Kalurahan Panggungharjo memperlihatkan, mayoritas responden merasa tidak terdapat budaya dan praktik-praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dalam pengurusan layanan di Kelurahan Panggungharjo. Sebanyak 95,1% menyatakan tidak ada dan 4,9% lainnya menyatakan kadang-kadang.

“Dalam pelayanan, pemerintah kalurahan juga sudah tidak menerima tanda terima kasih ketika urusan warga sudah selesai. Tetapi warga tetap ada yang memberikan tanda terima yakni sebesar 1,6%, kadang-kadang 3,8%, dan 94,6% lainnya tidak lagi memberikan tanda terima kasih kepada petugas di Kelurahan Panggungharjo,” kata Wahyudi Anggoro Hadi, Lurah Panggungharjo.

Selanjutnya, responden yang mendengar bahwa di Kalurahan Panggungharjo masih terdapat oknum yang melakukan praktik korupsi mencapai 6,5 % sedangkan 93,5% responden tidak pernah mendengar informasi perilaku korupsi para oknum di sana.

“Ada warga yang masih merasa dipersulit saat mendapat layanan Pemerintah Kalurahan Panggungharjo. Seolah-olah oknum petugas tersebut menghendaki imbalan seperti barang atau uang. Tetapi prosentasenya sudah sangat kecil, yakni 3,8%. 96,2% lainnya menyatakan tidak menemui hal itu” ujar Wahyudi.

Dalam hal prosedur pelayanan, 98,4% responden menyatakan tidak pernah ditawari untuk menggunakan jalur nonresmi, 1,1% menyatakan kadang-kadang, 0,5% masih menyatakan sering dihubungi oleh oknum yang mengatasnamakan Pemerintah Kalurahan Panggungharjo.

Sementara ketika ditanya tentang proses pelayanan yang terjadi di Kalurahan, “Sebagian besar responden menyatakan puas, transparan, dan tanpa biaya. Yang masih menjadi keluhan adalah keramahan petugas ketika melayani. Tapi itu juga sangat sedikit yang mengeluhkan,” kata Wahyudi.

Survei ini melibatkan 184 warga yang dipilih secara acak menggunakan google form selama seminggu 14-20 November 2021. Selain tentang pelayanan antikorupsi ini, responden yang sama juga memberikan pendapatnya tentang Indeks Kepuasan Masyarakat.

Dari hasil survei tersebut dapat di simpulkan bahwa masyarakat secara tidak langsung telah ikut serta mengawasi layanan yang diberikan oleh Pemerintah Kalurahan Panggungharjo. Layanan yang profesional dan berkualitas menjadi harapan masyarakat. (JML)

 

Tentang Eka Birawan

kadang kesendirian lebih berharga, ketimbang kebersamaan yang tidak independent

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X