Pemerintahan

Hoax Pemekaran Kota Yogya, Begini Penjelasan Pemkot Yogyakarta

pada

Yogyakarta (Jogja.tribunnews.com) – Beberapa hari belakangan muncul kabar viral tentang pemekaran Kota Yogyakarta. Informasi itu menyebar melalui pesan berantai di aplikasi perpesanan WhatsApp. Dalam pesan tersebut diinformasikan beberapa kecamatan baru di Kota Yogyakarta. Termasuk kecamatan yang saat ini secara batas wilayah masuk dalam Kabupaten Sleman dan Bantul.

Sebut saja wilayah Bantul yang masuk dalam kecamatan baru di Kota Yogyakarta yakni Banguntapan, Baturetno, dan Kotagede. Sementara untuk wilayah Sleman, yang diinfokan masuk wilayah Kota Yogyakarta adalah Tirtohanggo, Sinduadi, Caturtunggal, dan Condongcatur.

Informasi tersebut dipastikan hoax alias kabar bohong. Hal tersebut ditegaskan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogya Octo Noor Arafat yang menjelaskan bahwa broadcast tersebut tidaklah benar.

“Iya saya juga dapat broadcast itu. Saya tidak tahu siapa yang menyebarkan pertama. Tapi itu tidak benar alias hoax,” jelasnya, saat dikonfirmasi, Kamis (3/10/2019).

Octo menambahkan, berdasarkan pertemuan pihaknya dengan Pemda DIY, tidak ada wacana untuk pemekaran wilayah Kota Yogyakarta. Ia lantas menjelaskan bahwa saat ini tengah fokus mempersiapkan implementasi dari Peraturan Gubernur Nomor 25 Tahun 2019 tentang Pedoman Kelembagaan Urusan Keistimewaan pada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kelurahan.

“Berdasarkan Pergub tersebut, akan ada perubahan nama kelembagaan. Misal Kecamatan nantinya jadi Kemantren. Lalu Camat ganti sebutan Mantri Pamong Praja, serta Sekretaris Kecamatan adalah Mantri Anom,” urainya.

Ia berharap, bahwa persiapan yang mulai dilakukan ini bisa segera selesai dan bisa mulai diterapkan pada 2020 mendatang. (KUR)

Sumber: Artikel tahun 2019 jogja.tribunnews.com

 

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X