Pendidikan

Peresmian Rumah Belajar Panggung Pintar

Oleh

pada

Pandes (Media Panggungharjo) – Rumah belajar merupakan salah satu penyebutan tempat di mana anak-anak belajar bersama. Belajar bersama merupakan salah satu upaya agar anak termotivasi untuk giat belajar. Sehingga dengan adanya rumah belajar, diharapkan dapat memotivasi anak-anak agar memanfaatkan waktu luang guna berkumpul dengan teman sebaya untuk belajar bersama.

Pemikiran tersebut dituangkan dalam sebuah proposal rencana kegiatan yang ditulis oleh tiga pemuda perwakilan dari Desa Panggungharjo saat mengikuti Sekolah Pemuda Desa pada September 2018 lalu. Setelah ketiga pemuda mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Ketjilbergerak, KPK, serta Kementerian Desa tersebut, kini saatnya merealisasikan gagasan tersebut.

Bekerjasama dengan Rumah Zakat dan Paguyuban Istri Pamong (PIP) Desa Panggungharjo yang telah memberikan  beasiswa kepada anak-anak binaan di Desa Panggungharjo, dibentuklah rumah belajar sebagai program lanjutan dari beasiswa tersebut. Sebagai permulaan, anak-anak binaan diminta untuk dapat ikut dalam rumah belajar ini.

Selasa (25/06/2019), diselenggarakan stadium general Rumah Belajar Panggung Pintar. Pertemuan yang digelar di Kampoeng Dolanan Pedukuhan Pandes ini dihadiri oleh anak-anak penerima manfaat zakat pamong. Wali dari anak-anak tersebut juga turut dihadirkan guna diberikan penjelasan mengenai program rumah belajar ini. Hadir pula Jamilludin (Ketua Bapel JPS Desa Panggungharjo), Ade Yurnita Octavera (istri Kasi Pelayanan Desa Panggungharjo), serta Purwanti (istri Dukuh Pandes).

“Jika ada teman yang ingin ikut, silakan diajak saja.” kata Hajar Ratnaningtyas, S.T. selaku relawan inspirasi Rumah Zakat Desa Panggungharjo kepada anak-anak binaan yang hadir.

Program Rumah Belajar Panggung Pintar ini diharapkan dapat bermanfaat tidak hanya untuk anak binaan PIP saja, tetapi warga Desa Panggungharjo lain yang ingin belajar bersama dipersilakan ikut bergabung.

Acara dimulai sekitar pukul 16.00 WIB di Pendapa Kampoeng Dolanan Pedukuhan Pandes. Setelah sambutan dari Jamilludin, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program oleh Aina Ulfah dan Nur Afifah. Selanjutnya, anak-anak binaan berkumpul sesuai jenjang sekolahnya. Anak-anak SMP didampingi Nava Anggita, sedangkan anak-anak SMA maupun SMK didampingi Aina Ulfah. Di akhir acara, Rumah Belajar Panggung Pintar diresmikan oleh Ade Yurnita Octavera .

“Karena sudah ada bimbingan belajar, semoga kedepannya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.” tutur Ade. (Fif)

Tentang nurafifah

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X