Kerjasama

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Resmikan Panggungharjo Sebagai Wilayah Binaan

Oleh

pada

Panggungharjo (Tribunjogja.com) – Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta meresmikan wilayah Desa Panggungharjo melalui Puskesmas Sewon 2 sebagai wilayah binaan Program Inter Professional Education (IPE) dan Inter Professional Collaboration (IPC), Kamis (28/02/2019).

Acara dimulai dengan sambutan Bupati Kabupaten Bantul yang diwakili Dr. Fauzan selaku Ketua Bidang Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

Pada acara ini, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta bersama Rumah Zakat menandatangani nota kesepahaman untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi guna meningkatkan pemberdayaan kesehatan di Desa Panggungharjo.

“Sinegi Rumah Zakat bersama akademisi dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ini diharapkan akan memperkuat pemberdayaan kesehatan di wilayah Desa panggungharjo,” ujar Ratna Kusumaningsih, selaku Manager Klinik Pratama Cita Sehat Mitra Rumah Zakat melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Seperti diketahui, Desa Panggungharjo merupakan Desa Berdaya binaan Rumah Zakat. Selama tiga tahun ke depan, desa ini menjadi satu dari beberapa wilayah binaan dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

“Kita berharap wilayah Panggungharjo ini bisa menjadi wilayah pembelajaran kepada mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam pelaksanaan  Tri Dharma perguruan tinggi,” kata Joko Susilo selaku direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara diakhiri dengan penandatanganan prasasti peresmian wilayah binaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan penandatanganan nota kesepahaman antara Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan Rumah Zakat.

Kerjasama ini merupakan komitmen Rumah Zakat sebagai lembaga filantrofi ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) dan kemanusiaan terpercaya di Indonesia. Sampai saat ini, Rumah Zakat telah mampu memberdayakan 1.259 desa di seluruh Indonesia. Jumlah ini akan terus bertambah ke depan sampai dengan mencapai 1.800 desa pada tahun ini.

Selain pemberdayaan, Rumah Zakat juga memberikan fokus tersendiri pada isu kemanusiaan dan bencana baik di dalam maupun luar negeri melalui Rumah Zakat Action. Inilah cara Rumah Zakat untuk menyampaikan amanah para donatur kepada para penerima manfaat. Rumah Zakat menyampaikannya dalam bentuk-bentuk program pemberdayaan dan aksi kemanusiaan. (*)

Sumber: Artikel tahun 2019 Jogja.tribunnews.com

Tentang nurafifah

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X