Wanita

PKK Desa Panggungharjo Berbangga Isu Perempuan Di Perumusan RPJMDes

Oleh

pada

Panggungharjo (Media Panggungharjo) – Perempuan merupakan sosok yang berperan penting dalam rumah tangga, begitu pula dalam masyarakat. Peran perempuan dalam bermasyarakat salah satunya diwadahi dalam organisasi PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga). Organisasi yang seluruhnya beranggotakan perempuan ini termasuk ke dalam Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Jum’at (8/1/2019), ibu-ibu PKK Desa Panggungharjo menyelenggarakan pertemuan rutin. Seperti adat yang sudah ada, pertemuan yang dimulai sekitar pukul 16.00 WIB ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars PKK yang dipimpin oleh Budi Wuryanti.

Pertemuan yang digelar di Ruang Aula Balai Desa Panggungharjo ini dihadiri oleh perwakilan Pengurus PKK dari setiap pedukuhan di Panggungharjo. Sugiyarti, S.Pd., selaku sekretaris PKK membuka pertemuan kali ini dengan membacakan notulensi hasil rapat Pengurus PKK pada pertemuan sebelumnya. Ia juga memaparkan bahwa perempuan adalah salah satu bagian penting dalam masyarakat desa. Terbukti dengan adanya tema mengenai perempuan yang masuk ke dalam salah satu dari 10 isu strategis penyusunan RPJMDesa. Tema Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam Jagongan Senin-Kamisan Penyusunan RPJMDesa sendiri telah digelar pada tanggal 28 dan 31 Januari lalu.

Pada pertemuan kali ini, dibagikan pula beberapa buku administrasi yang akan digunakan oleh PKK pedukuhan, pengurus RT, serta pengurus dasa wisma. Sugiyarti, S.Pd. beserta Hj. Zamzamah (Wakil Ketua I) dan Nilam Agustin (Sekretaris PKK) juga memberikan pengarahan terkait pengisian buku administrasi tersebut. Setelah diberikan arahan secara umum, para hadirin diminta duduk berkelompok sesuai pedukuhan masing-masing guna mempermudah koordinasi.

Umi Haniah, S.Farm., Apt., selaku Ketua PKK Desa Panggungharjo juga memberikan arahannya kepada seluruh perwakilan pengurus dan anggota PKK yang hadir untuk terus melaksanakan serta melanjutkan kebersihan lingkungan guna berpartisipasi dalam lomba-lomba kebersihan lingkungan.

Sebagai penutup, dilaksanakan pula kegiatan arisan di akhir acara, seperti halnya khas pertemuan ibu-ibu PKK. Dengan diselenggarakannya pertemuan ini, diharapkan organisasi PKK di Panggungharjo dapat terarah dan dapat terjaga kekeluargaannya mulai dari PKK di tingkat desa, pedukuhan, sampai di tingkat RT dan dasa wisma. (Fif)

Tentang nurafifah

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X