Seni Budaya

Bhabinkamtibmas Panggungharjo Hadiri Acara Merti Dusun Cabeyan

pada

Cabeyan (Tribratanews) – Berbagai kesenian lokal ditampilkan oleh warga Pedukuhan Cabeyan, dalam rangkaian acara Merti Dusun Cabeyan, Panggungharjo, Sewon, Bantul pada Sabtu (24/03/2018) siang.

“Tradisi merti dusun merupakan salah satu kegiatan budaya untuk membangun kebersamaan, sekaligus sebagai aktualisasi diri dan sarana menghidupkan kehidupan desa yang dekat dengan nilai-nilai luhur tradisi dan budaya” jelas Aiptu Jedik Praptowo, Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo, kepada Humas Polsek Sewon.

Selain itu, merti dusun merupakan wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan rizki dan kesehatan yang diberikan-Nya untuk seluruh warga.  Hal inilah yang mendasari Pedukuhan Cabeyan menggelar tradisi merti dusun ini.

“Acara ini juga dimaksudkan sebagai wujud rasa handarbeni, cinta dan bakti warga kepada pemerintah”, ungkap Aiptu Jedik.

Kegiatan yang diawali dengan ziarah ke makam leluhur Pedukuhan Cabeyan ini dilanjutkan dengan kirab dimana seluruh warga mengeluarkan potensi yang dimiliki pedukuhan tersebut, baik potensi seni, pertanian, maupun ekonomi. Di malam harinya, acara diisi dengan kethoprak dari warga Pedukuhan Cabeyan.

Turut hadir dalam acara tersebut, yaitu Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo, Dukuh Cabeyan, tokoh masyarakat dan warga Cabeyan. (Humas Polsek Sewon)

Sumber : Artikel tahun 2018 tribratanewsbantul.com

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X