Pemerintahan

Ujian Seleksi Calon Kasi Pelayanan Desa Panggungharjo, 8 Peserta Beradu Dalam Ujian

pada

Sewon (Media Panggungharjo) – Suasana laboratorium komputer SMA Negeri 1 Sewon pada Selasa (1/5/2018) kemarin yang bertepatan dengan Hari Buruh nampak tenang. Namun beberapa perangkat Desa Panggungharjo, anggota BPD dan lembaga desa Desa Panggungharjo nampak berlalu lalang di sekolah yang meliburkan para siswanya tersebut. Hal ini rupanya dikarenakan Pemerintah Desa Panggungharjo sedang melaksanakan ujian lowongan pengisian Kasi (Kepala Seksi) Pelayanan Desa Panggungharjo bagi para calon yang sudah lolos seleksi administrasi

Pelaksanaan ujian ini diawali dengan pembentukan panitia yang di resmikan dengan Surat Keputusan Lurah Desa Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pembentukan Panitia Pengisian Lowongan Pamong Desa (Kepala Seksi Pelayanan) Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

Adapun panitia pelaksana pengisian Kasi Pelayanan Desa Panggungharjo sendiri terdiri dari 3 orang Pamong Desa, 2 orang BPD (Badan Pemusyawarahan Desa), 2 orang dari lembaga desa dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Ketua Panitia Pelaksana Pengisian Kasi Pelayanan Desa Panggungharjo, Muhammad Ali Yahya, S.H., setelah menyusun panitia langkah awal yang dilakukan yaitu menyusun tata tertib, jadwal, dan anggaran. Tahap selanjutnya yaitu melakukan publikasi kepada masyarakat dengan cara sosialisasi dalam setiap kegiatan desa, memasang spanduk di tiap pedukuhan, publikasi melalui website desa serta media sosial desa.

Dari data yang dihimpun oleh Tim Media PSID Panggungharjo jumlah peserta ada delapan orang dan semuanya lolos seleksi administrasi. Peserta yang mendaftar untuk mengikuti seleksi Kasi Pelayanan Desa Panggungharjo terdiri dari berbagai macam latar belakang pendidikan, diantaranya yaitu SMA dan S1.

Masih menurut penuturan Ali, pelaksanaan ujian seleksi yang diselenggarakan yaitu tes tertulis, tes wawancara, tes psikologi, dan ujian praktik.

“Untuk ujian praktik ada dua yaitu praktik komputer dan pidato berbahasa jawa.” ungkap Ali pada Tim Media PSID.

Sama seperti ujian seleksi yang diselenggarakan sebelumnya (seleksi Kaur Keuangan, Dukuh Garon dan Dukuh Kweni), dalam pelaksanaan seleksi kali ini kembali melibatkan pihak ketiga yaitu dari PSKPPM (Pusat Studi Kebijakan Publik dan Pemberdayaan Masyarakat) STPMD “APMD” dengan persetujuan dari Lurah Desa Panggungharjo terlebih dahulu serta dari Kecamatan Sewon.

“Seleksi hanya dilaksanakan satu hari. Hasil seleksi nantinya akan dinilai langsung. Dan akan langsung diumumkan keesokan harinya.” tutur Ali.

Ali menjelaskan, tugas panitia yaitu menyampaikan kepada Lurah Desa untuk mengajukan nama-nama yang akan direkomendasikan kepada Camat Sewon dalam jangka waktu maksimal tujuh hari. Panitia juga hanya sebatas menyampaikan hasil ujian bukan menetapkan, karena hanya Lurah Desa yang berhak menetapkan terpilihnya pamong desa dengan pertimbangan hasil ujian.

“Untuk para peserta harus memahami lagi tugas seorang Kasi Pelayanan karena tugasnya tidak hanya di depan seperti customer service (Pelayan Pelanggan –red).” pesan Ali.

Ditemui secara terpisah, Dr. Supardal, M.Si selaku Kepala PSKPPM STMPD “AMPD” menjelaskan bahwa pihak ketiga bertugas untuk menyediakan soal tes, menjadi penyelenggara, pengoreksi, dan penentu nilai terbaik.

“Dalam satu rangkaian itu, oleh Tim Panitia Pelaksana Lowongan Kasi Pelayanan Desa Panggungharjo diserahkan sepenuhnya kepada pihak ketiga.” ungkap Supardal saat diwawancarai Tim Media PSID.

Untuk penyelenggaraan tes tertulis sendiri ada tes pengetahuan umum seperti tentang Undang-Undang Dasar 1945, pemerintah daerah, pemerintah desa, pengetahuan agama, dan semacam muatan lokal. Kemudian ada tes psikologi (integritas), tes praktik komputer, dan tes wawancara tentang tugas-tugas kasi pelayanan.

Supardal menambahkan, dalam ujian calon kasi pelayanan ini ada tambahan yaitu tes praktik keagamaan yang berwujud praktik perawatan jenazah seperti memandikan jenazah, cara mengkafani jenazah, dan sholat jenazah.

“Penilaian praktik perawatan jenazah ada sekitar 27 point yang dinilai. Untuk bobot nilai dengan tes yang lain hampir sama untuk semua komponen. Jadi, untuk menjadi kasi pelayanan harus imbang antara ketrampilan dan kemampuan.” pungkas Supardal. (E.M)

Tentang Erisca Meidy

God gives his hardest battles to his strongest soldiers :) Keajaiban adalah dengan percaya pada dirimu sendiri. Jika kamu dapat melakukannya, maka kamu dapat membuat segala sesuatunya terjadi.

Baca Juga

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X