Wanita

PKK Desa Panggungharjo Sambut Tim Verifikasi Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional KG PKK-KKBPK-Kesehatan

pada

Panggungharjo (Media Panggungharjo) – Ibu-ibu PKK Desa Panggungharjo tampak antusias menyambut Tim Verifikasi Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan di Aula Balai Desa Panggungharjo pada Selasa (27/3/2018).

Tim verifikasi lomba tersebut melakukan kunjungan di Desa Panggungharjo untuk melaksanakan verifikasi peserta Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK-KKBPK dalam rangka Hari Keluarga Nasional XXV Tahun 2018.

Dalam acara tersebut Drs. H. Suharsono selaku Bupati Bantul menyampaikan bahwa adanya verifikasi Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan suatu hal yang membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Bantul khususnya Desa Panggungharjo.

“PKK Desa Panggungharjo telah berusaha dan berjuang melalui berbagai tahapan sampai pada akhirnya dinilai oleh tim verifikasi tingkat nasional. Hal ini bisa meningkatkan motivasi untuk para kader PKK serta menjadi inspirasi bagi desa yang ada di Kabupaten Bantul.” tutur Suharsono.

Suharsono juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bantul yakin bahwa PKK Desa Panggungharjo bisa menjadi yang terbaik untuk Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tahun 2018.

Sementara itu, Ato Suwarto, S.E., salah satu anggota tim verifikasi, menuturkan bahwa lomba ini bertujuan untuk pembinaan dan evaluasi kepada PKK sejauh mana pelaksanaan program dari pemerintah yang sudah berjalan khususnya dibidang KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) Kesehatan.

“Semoga dengan adanya pembinaan dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat bisa menjadikan Desa Panggungharjo lebih maju.” ungkap Ato Suwarto.

Ato menambahkan, sebenarnya program KB (Keluarga Berencana) terkait dengan pemberdayaan keluarga terdapat BKB (Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluarga Remaja), dan BKL (Bina Keluarga Lansia) yang merupakan program-program pemberdayaan para keluarga beranggotakan balita, remaja, dan lansia.

“Bagaimana kita melihat tumbuh kembang balita, bagaimana kita memperhatikan remaja dan lansia saat ini.” tutur Ato.

Setelah sambutan dari tim verifikasi, kemudian acara dilanjutkan dengan pemeriksaan administrasi yang bertempat di Komplek Balai Desa Panggungharjo tepatnya di ruang TP-PKK Desa Panggungharjo dan dilanjutkan dengan peninjauan langsung pelaksanaan kegiatan di Pedukuhan Glugo, Puskesmas Sewon II, dan Pedukuhan Cabeyan.

Dalam pemeriksaan administrasi tersebut selain meninjau administrasi dari PKK Desa Panggungharjo, tim verifikasi juga berkesempatan langsung melihat baik administrasi maupun pelaksanaan kegiatan dari PKK Kecamatan Sewon, BKB Cempaka, BKR Anggrek Jingga, BKL Asih Wreda, simulasi pola asuh anak dari kelompok simulasi Dewi Larasati yang dikemas dengan permainan, dan Pustakaliling (Perpustakaan Keliling) dari SADEPA (Sanggar Anak Desa Panggungharjo).

Sedangkan pada kunjungan lapangan para juri juga ditemani oleh TP-PKK Kabupaten Bantul, Muspika Kecamatan Sewon, Lurah Desa Panggungharjo, TP-PKK Desa Panggungharjo, dan kader PKK Desa Panggungharjo.

Di akhir kunjungan yang diselenggarakan di Pedukuhan Cabeyan, tim verifikasi dilepas langsung oleh Danang Erwanto, M.Si., selaku Camat Sewon. Dalam sambutan pelepasan tim verifikasi, Danang menyampaikan bahwa tim verifikasi sudah mencocokkan laporan yang sudah dikirim dengan kondisi lapangan.

“Tim sudah melihat kegiatan PKK Desa Panggungharjo yang luar biasa. Betapa indahnya kolaborasi antara PKK, kesehatan, dan KB. Semoga dengan kolaborasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.” ungkap Danang.

Danang berharap, setelah adanya evaluasi tim verifikasi bisa membuat PKK Desa Panggungharjo lebih baik lagi dalam pengelolaan program KB. (E.M)

Tentang Erisca Meidy

God gives his hardest battles to his strongest soldiers :) Keajaiban adalah dengan percaya pada dirimu sendiri. Jika kamu dapat melakukannya, maka kamu dapat membuat segala sesuatunya terjadi.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X