Kerjasama

Wujud Konkrit Perangkat Desa Panggungharjo Dalam Pengelolaan Zakat

pada

Panggungharjo (Media Panggungharjo) – Jumat (16/3/2018), bertempat di Aula Balai Desa Panggungharjo, Pemerintah Desa Panggungharjo meresmikan kerjasama dengan Rumah Zakat. Kerjasama ini merupakan wujud konkrit para perangkat desa Desa Panggungharjo dalam mengeluarkan zakat tiap bulannya untuk dikelola dan diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya, salah satunya di bidang pendidikan.

Acara peresmian ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemerintah Desa Panggungharjo dengan Rumah Zakat yang sudah dilaksanakan pada Jumat (2/3/2018).

Sebelum acara peresmian, pertama-tama acara dibuka dengan mendengarkan tiga buah lagu dari Not Biru Band yang notabene para personelnya merupakan para penyandang difabel. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Muhammad Ali Yahya, S.H., selaku Kasi Pemerintahan.

Dalam sambutannya, Ali menghaturkan rasa terimakasih atas nama Pemerintah Desa Panggungharjo kepada semua yang hadir dalam acara peresmian kerjasama dengan Rumah Zakat.

“Sebenarnya penandatangan MoU sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Namun, dikarenakan beberapa kali ada perubahan draft isi MoU sehingga peresmiannya baru bisa dilaksanakan sekarang.” tutur Ali.

Ali mengungkapkan bahwa kerjasama dengan Rumah Zakat merupakan kali pertama. Dalam kerjasama ini Pemerintah Desa Panggungaharjo masih melanjutkan dengan program yang sama dengan tahun lalu. Program yang dimaksud yaitu menyalurkan zakat para Perangkat Desa Panggungharjo kepada warga yang berhak menerima. Selain itu, juga memberikan bantuan beasiswa melalui Bapel JPS (Badan pelaksana Jaring Pengaman Sosial) Desa Panggungharjo.

Sedangkan Widodo Yulianto, mewakili Camat Sewon menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Sewon mengapresiasi perangkat desa Desa Panggungharjo yang sudah berani menyisihkan sedikit uang dari penghasilannya untuk disalurkan kepada warga kurang mampu.

“Semoga dengan adanya kesepakatan kerjasama ini bisa bermanfaat untuk warga Desa Panggungharjo.” tutur Widodo.

Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm., Apt., selaku Lurah Desa Panggungharjo menuturkan bahwa acara peresmian tidak hanya penyampaian MoU namun juga sosialisasi program kerja antara Pemerintah Desa Panggungharjo dengan Rumah Zakat serta terkait dengan pengelolaan zakat perangkat Desa Panggungharjo yang sudah disampaikan oleh Ali Yahya.

“Nanti juga akan disampaikan program apa saja yang dikerjasamakan oleh pemerintah desa dengan Rumah Zakat. Kepada yang hadir kami harap bisa ikut mensosialisasikan kepada warga terkait dengan fasilitasi bantuan apa saja dari pemerintah desa.” ungkap Wahyudi.

Dalam acara tersebut, Warniti, S.Hut., selaku Branch Manager Rumah Zakat memaparkan bahwa Desa Panggungharjo merupakan desa pertama yang melaksanakan kerjasama terkait pengelolaan ZIS (Zakat, Infaq, dan Shodaqoh) perangkat desa untuk disalurkan kembali kepada warga desa.

“Sangat luar biasa, kami sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Panggungharjo yang pro aktif terhadap warganya yang kurang mampu.” ungkap Warniti.

Warniti berharap, para Perangkat Desa Panggungharjo bisa menjadi contoh untuk warga yang mampu di wilayah Desa Panggungharjo.

Adapun program yang dikerjasamakan yaitu akses layanan gratis Klinik Pratama Rumah Zakat, layanan ambulance gratis untuk pasien maupun jenazah, dan bantuan sekolah untuk warga kurang mampu.

Sementara itu, Manager Klinik Pratama Rumah Zakat, Ratna Kusumaningsih, S.KM., mengungkapkan bahwa optimalisasi dana ZIS Perangkat Desa Panggungharjo akan disalurkan ke layanan kesehatan. Ratna menambahkan, Lurah Desa Panggungharjo mempunyai ide yang luar biasa untuk mengangkat derajat kesehatan terutama ibu dan anak.

“Semoga dengan adanya program ini bisa bermanfaat untuk warga Desa Panggungharjo terutama untuk kesehatan ibu dan anak.” pungkas Ratna.

Selain dihadiri oleh Perangkat Desa Panggungharjo, hadir pula dalam kesempatan tersebut Paguyuban Istri Pamong (PIP) Desa Panggungharjo. Acara kemudian ditutup dengan doa oleh Jamilludin, S.Sos. (E.M)

Tentang Erisca Meidy

God gives his hardest battles to his strongest soldiers :) Keajaiban adalah dengan percaya pada dirimu sendiri. Jika kamu dapat melakukannya, maka kamu dapat membuat segala sesuatunya terjadi.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X