Kesehatan

Masyarakat Pedukuhan Glugo Antusias Sambut Tim Verifikasi Lomba Kabupaten Sehat 2017

pada

Panggungharjo (Jurnalis Warga) – Kader kesehatan, ketua RT, dan tokoh masyarakat di Pedukuhan Glugo nampak berkumpul menyambut kedatangan Tim Verifikasi Lomba Kabupaten Sehat 2017 di rumah Muhammad Damanuri (Dukuh Glugo), Senin (18/9/2017).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kabupaten Bantul, Ketua Forum Komunikasi Kabupaten Sehat, Drs. Danang Erwanto, M. Si (Camat Sewon), Hadi Pranoto, SKM, MPH (Kepala Puskesmas Sewon II), Wahyudi Anggoro Hadi, S. Farm., Apt (Lurah Desa Panggungharjo), Muspika Kecamatan Sewon, dan PKK Pedukuhan Glugo.

Ketua Tim Verifikasi Lomba Kabupaten Sehat, Eli Setyowati, SKM., MM., dari Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan beserta rombongan sesampainya ditempat langsung melakukan pengecekan administrasi.

Dalam paparannya, Lurah Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm., Apt., menyampaikan bahwa untuk mendukung kawasan desa yang sehat perlu peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan.

“Salah satu peningkatan yang harus dilakukan yakni pembagian zonasi kawasan lingkungan dengan inovasi kawasan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri.” tutur Wahyudi pada semua yang hadir.

Dalam acara tersebut juga terdapat sesi pemaparan singkat tentang kegiatan kesehatan yang ada di Pedukuhan Glugo yakni dari Dukuh Glugo, Natural Leader, dan Sanitarian Puskesmas Sewon II. Inti pemaparan dalam acara tersebut yaitu tentang pengelolaan sampah yang sudah menghasilkan kerajinan indah, pengelolaan kebun gizi untuk mencegah balita dan bumil (ibu hamil) kurang gizi, kawasan bebas asap rokok, gerakan dan komitmen “membatasi pemakaian plastik untuk menyelamatkan bumi” ( BATIK GO GREEN ), dan pilar STBM yang sudah dilaksanakan.

Setelah pengecekan administrasi dan pemaparan dari narasumber, kegiatan kemudian dilanjutkan menuju Balai Desa Panggungharjo.

Berdasarkan keterangan Nunuk Endang Pujiati, AMKL., Sanitarian Puskesmas Sewon II, mengatakan bahwa yang paling menarik bagi tim saat kunjungan verifikasi dilakukan yaitu pemaparan dari Lurah Desa Panggungharjo tentang pengelolaan BUMDes.

“Seperti pengelolaan anggaran BUMDes yang bisa dipantau setiap hari perkembangannya karena sudah berbasis android , juga tentang proses pengelolaan minyak goreng bekas dengan teknologi tepat guna.” ungkap Nunuk.

Eli Setyowati dalam kesempatan tersebut berpesan kepada pemerintah desa dan Puskesmas Sewon II, agar penyusunan perencanaan kerja tim perlu ditingkatkan, karena 70% keberhasilan program tergantung dari perencanaan yang baik. (NUNUK)

Tentang Erisca Meidy

God gives his hardest battles to his strongest soldiers :) Keajaiban adalah dengan percaya pada dirimu sendiri. Jika kamu dapat melakukannya, maka kamu dapat membuat segala sesuatunya terjadi.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X