Pembangunan

Segera Hadir, Empat Lapangan Voli di Telaga Julantoro

pada

Pelemsewu (Media Panggungharjo) – Pemerintah Desa Panggungharjo bekerjasama dengan Persatuan Bola Voli Ganevo (Galang dan Amalkan Norma Etika Via Olahraga) Sport Club dalam rangka membangun dan mengelola empat lapangan bola voli yang terletak di kawasan Telaga Julantoro, Desa Panggungharjo.

Berdasarkan keterangan dari Nurharyanta, S.H ( Kasi Kesejahteraan) yang ditemui Tim Media PSID Panggungharjo pada Kamis (1/3/2018), kegiatan pembangunan lapangan bola voli ini disamping untuk memenuhi kebutuhan warga desa atas fasilitas olahraga, juga dalam rangka menyelaraskan salah satu dari empat program prioritas penggunaan Dana Desa yaitu sarana olahraga desa (SORGA DESA).

Dengan dibangunnya lapangan bola voli ini, diharapkan dapat melengkapi sarana olahraga milik Desa Panggungharjo yang selama ini telah dimanfaatkan oleh warga masyarakat desa.

Hingga sampai dengan pertengahan tahun 2017, sarana olahraga milik desa baik yang dikelola oleh masyarakat secara langsung maupun  pemerintah desa meliputi 6 unit lapangan sepak bola yaitu Lapangan Prancak, Lapangan Krapyak, Lapangan Patmasuri, Lapangan Kweni, Lapangan Cabeyan dan Lapangan Pancasila; 1 unit lapangan volly di Pedukuhan Cabeyan; 2 unit lapangan tenis meja yang berada di Pedukuhan Garon dan Glondong serta 1 unit Gedung Olah Raga (GOR) yang berada di dalam kompleks Kantor Desa Panggungharjo.

Masih menurut Nurharyanta, pemilihan lapangan voli tersebut juga bertujuan untuk melengkapi fasilitas olahraga jogging track (lintasan lari) yang ada di Telaga Julantoro. Adapun kegiatan pembangunan lapangan tersebut menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa sejumlah Rp. 113.856.000,-.

Dari hasil pantauan lapangan, kegiatan pembangunan tersebut telah mencapai sekitar 60% tahap pembangunan dan direncanakan akan mulai bisa dipergunakan sebagian pada pertengahan bulan April tahun ini.

Ditemui secara terpisah, Kuat Sejati selaku Kaur Umum menambahkan bahwa pembangunan empat lapangan voli tersebut dibagi menjadi dua lapangan indoor dan sisanya outdoor. Rencananya, pembangunan empat lapangan tersebut keseluruhannya akan dibangun di timur Telaga Julantoro dan pengelolaannya nantinya dikerjasamakan dengan Ganevo.

“Pengelolaan bersama dengan Ganevo ini disamping dalam rangka untuk membina bibit lokal secara profesional juga dilakukan untuk mendidik 700-an siswa yang telah tergabung dalam Ganevo Sport Club Yogyakarta ” ungkap Kuat.

Menurut penuturan Kuat, adanya lapangan voli ini merupakan sebuah keuntungan bagi kedua belah pihak antara Pemerintah Desa Panggungharjo dan Ganevo. Keuntungan bagi Pemerintah Desa Panggungharjo disamping dalam hal peningkatan pertumbuhan ekonomi desa juga dikarenakan dengan adanya aktifitas latihan rutin tersebut bisa dipastikan kedepannya kawasan Telaga Julantoro akan semakin ramai hingga pada akhirnya mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Sedangkan bagi Ganevo, fasilitas tersebut akan berfungsi sebagai training center bagi anak didiknya.

Sebelum mengakhiri sesi wawancara, Kuat menuturkan bahwa pembangunan lapangan voli tersebut akan dibangun secara bertahap hingga menjadi sempurna.

“Untuk warga yang ingin berjualan di Telaga Julantoro harus izin terlebih dahulu ke Pemerintah Desa Panggungharjo.” pungkas Kuat. (E.M)

Tentang Erisca Meidy

God gives his hardest battles to his strongest soldiers :) Keajaiban adalah dengan percaya pada dirimu sendiri. Jika kamu dapat melakukannya, maka kamu dapat membuat segala sesuatunya terjadi.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X