Lingkungan

Tim Evaluasi Kebersihan Lingkungan Tingkat Kabupaten Kunjungi Desa Panggungharjo

pada

Panggungharjo (Media Panggungharjo) – Selasa (13/02/2018), Tim Evaluasi Lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2018 selenggarakan evaluasi dan penilaian di Desa PanggungharjoAdapun Tim Evaluasi Lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2018 terdiri dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait.

Drs. Danang Erwanto, M.Si., selaku Camat Sewon dalam sambutannya menuturkan bahwa Desa Panggungharjo terpilih mewakili Kecamatan Sewon untuk lomba kebersihan lingkungan di tahun 2018. Danang juga menuturkan, tim evaluasi bisa meninjau secara langsung situasi dan keadaan lingkungan di Desa Panggungharjo.

“Desa Panggungharjo sudah menyiapkan dusun sampel untuk dievaluasi lingkungannya. Monggo (Silahkan –red), kepada tim evaluasi untuk meninjau langsung dan memberikan penilaian.” ungkap Danang.

Dalam penuturannya Danang menambahkan bahwa Desa Panggungharjo merupakan desa yang berbatasan dengan langsung dengan kota, maka tidak heran jika permasalahan utamanya adalah sampah.

“Tapi, Alhamdulillah, dengan kerjasama dari ibu-ibu kader Desa Panggungharjo lingkungan sudah mulai bersih dari sampah.” tutur Danang.

Agus Rahmanto, Ketua Tim Evaluasi Lomba Kebersihan Lingkungan, menyampaikan bahwa dalam lomba kebersihan tahun 2018 ini ada beberapa aspek yang menjadi kriteria penilaian, yaitu kebersihan lingkungan dan tempat tinggal, kerindangan, keindahan, pengelolaan sampah baik tingkat desa maupun pedukuhan, serta kebersihan dan kerapian jalan umum.

“Saya berharap, semoga dengan adanya lomba kebersihan ini akan timbul kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.” harap Agus dalam sambutannya.

Kunjungan Tim Evaluasi Lomba Kebersihan ini dihadiri oleh Drs. Danang Erwanto, M.Si (Camat Sewon), jajaran Muspika se-Kecamatan Sewon, Perangkat Desa Panggungharjo, dan Pengelola Bank Sampah se-Desa Panggungharjo.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke Rumah Pengelolaan Sampah (RPS) BUMDes Panggung Lestari serta Pedukuhan Krapyak Kulon.

Sedangkan, Dukuh Krapyak Kulon, Kunaini, dalam acara sambutan yang digelar di Bank Sampah Pisang Kurma menghaturkan rasa terimakasihnya atas kehadiran tim evaluasi di Pedukuhan Krapyak Kulon yang merupakan dusun sampel dalam lomba kebersihan lingkungan tahun 2018.

“Kami melibatkan semua unsur masyarakat yang ada di Pedukuhan Krapyak Kulon. Alhamdulillah, setiap warga sangat bersemangat untuk mengikuti lomba kebersihan lingkungan.” ungkap Kunaini.

Kunaini berpesan kepada semua yang hadir, untuk melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar terwujud Kabupaten Bantul bebas sampah tahun 2019.

sesi terakhir, Agus Rahmanto menyampaikan bahwa ia merasa terkesan dengan kesadaran warga dalam penanaman pohon kepel (Buharol –red) yang sudah langka dijumpai. (E.M)

Tentang Erisca Meidy

God gives his hardest battles to his strongest soldiers :) Keajaiban adalah dengan percaya pada dirimu sendiri. Jika kamu dapat melakukannya, maka kamu dapat membuat segala sesuatunya terjadi.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X