Badan Usaha

BUMDes Panggung Lestari Bersama Aqua Kembangkan Minyak Jelantah Pengganti Solar

pada

Bantul (Hallojogja.com)  PT Tirta Investama (Danone AQUA) bersama dengan BUMDes Panggung Lestari, Selasa (19/09/2017) meresmikan Kolaborasi Pengembangan Refined Used Cooking Oil (R-UCO) sebagai bahan bakar alternatif penganti solar untuk mesin industri. Bertempat di Balai Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

Dalam acara peresmian tersebut dibuka oleh Asisten II Perekonomian Dan Pembangunan Kabupaten Bantul Bambang Guritno SH bersama Direktur Pembangunan Berkelanjutan Danone Indonesia Karyanto Wibowo.

Asisten II Pemkab Bantul Bambang Guritno dalam sambutannya menyampaikan Pemkab Bantul mendukung kolaborasi yang dilakukan BUMDes Panggung Lestari dan Danone AQUA.

“Kolaborasi BUMDes dengan Danone AQUA untuk menambah mesin baru yang mampu meningkatkan volume produksi dan kualitas R-UCO supaya memiliki spesifikasi yang sama dengan solar, patut diapresiasi,” kata Bambang.

Sementara itu Direktur Pembangunan Berkelanjutan Danone Indonesia Karyanto Wibowo menjelaskan sebagai perusahaan yang menghasilkan emisi karbon Danone AQUA ingin menjadi perusahaan yang terdepan dalam inisiatif pengurangan emisi karbon dengan menghasilkan produk tanpa jejak karbon.

“Sejak tahun 2014, Danone AQUA telah mengunakan R-UCO yang diproduksi oleh BUMDes Panggung Lestari,untuk dicampur dengan solar di pabrik klaten. Saat ini R-UCO yang digunakan sudah mencapai 20% dari kebutuhan total operasional pabrik,” kata Karyanto

Adapun di tahun 2018, kata Karyanto, pabrik Klaten memiliki rencana mengunakan Refined Used Cooking Oil (R-UCO) 100 % untuk mengantikan bahan bakar solar.

Ditemui terpisah, Lurah Panggungharjo Wahyudi kepada Hallojogja.com menyampaikan bahwa timnya merancang peralatan untuk memproduksi dan meningkatkan kualitas R-UCO.

“Kami melakukannya dengan mengunakan teknik cracking atau pirolisis,” kata Wahyudi.

Lebih lanjut Lurah Panggungharjo Wahyudi mengatakan dengan adanya teknik pirolisis, sampah organik warga panggungharjo menjadi terkelola karena dijadikan sebagai bahan bakar untuk proses pirolisis.

“Program ini juga dapat menggerakakn TPST3R (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Reduce,Reuse,Recycle) desa,” pungkasnya. (HP)

Sumber: Artikel tahun 2017 Hallojogja.com

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X