Inovasi

Nurohmad Sulap Kertas Limbah Jadi Alat Membatik

pada

Sawit (RRI) – Hanya bermodal kertas limbah seperti bungkus rokok, kardus obat, kardus susu, dan bekas kardus makanan, Nurohmad berkreasi membuat alat batik cap. Rumahnya di Pedukuhan Sawit RT 02, Desa Panggungharjo Sewon Bantul dijadikan laboratorium batik, bagi pelajar dan masyarakat umum yang ingin belajar membuat alat tersebut.

Ide menciptakan teknologi tepat guna berbahan baku kertas bekas itu, muncul sejak akhir tahun 2016 lalu. Selain untuk mengurangi sampah, harga alat batik cap berbahan tembaga juga masih terbilang mahal.

”Lem harganya Rp 5 ribu, kertas berapa sih harganya apalagi ini limbah, kalau dihitung untuk membuat alatnya hanya Rp 15 ribu, kalau alat dari logam harganya sekitar Rp 1 juta”, kata Nur di rumahnya, Senin (20/3/2017).

Awalnya ia merasa gelisah, melihat banyak sampah kertas terbuang sia-sia, lalu atas inisiatif pribadi, anak-anak sekolah di kampungnya dari murid-murid sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA), diajari membatik di rumahnya secara gratis.

Setiap kali belajar, mereka diminta mengumpulkan sampah kertas, sebagian dijual ke Rumah Pengolahan Sampah (RPS) di sekitar desa, sedangkan kertas limbah yang bisa diolah, dibuat alat batik cap. Uang yang terkumpul, digunakan membeli peralatan membatik seperti kain dan malam.

”Di Jogja baru saya yang membuatnya, di Pekalongan juga sudah ada tapi tidak dari limbah, tapi dari kertas duplex yang ada di toko itu, kalau dari limbah saya yang duluan”, imbuhnya.

Melalui hasil kreatifitasnya itu, ia ingin menghapus kesan jika membatik merupakan aktivitas yang sulit dan mahal. Ibarat pepatah ”Tak Kenal Maka Tak Sayang”, masyarakat perlu dikenalkan pada batik cap, yang pembuatannya tidak serumit batik tulis. Hal tersebut penting dilakukan, agar budaya adiluhung warisan nenek moyang itu, tidak hilang ditelan waktu.

”Kalau langsung dikenalkan batik tulis susah itu, orang akan takut gitu lho, maka dibuat enjoy dulu untuk menyukai kebudayaan kita, sehingga kalau sudah suka kita tingkatkan ke hal yang lebih sulit dia akan enjoy juga”, ungkap dia.

Nur menjelaskan, jenis kertas tertentu seperti kertas koran, tidak bisa diolah menjadi alat batik cap, karena bahan baku yang dibutuhkan harus tahan panas, dan bisa menyerap malam (lilin untuk membatik, red) cair. Jika kualitas kertas bagus, seperti kertas bekas bungkus rokok, alat cap bisa dipakai hingga 500 kali.

Butuh waktu satu jam hingga sehari penuh, merangkai kertas limbah menjadi alat membatik. Kertas yang akan digunakan dipotong sesuai ukuran dan bentuk, lalu ditempel dalam posisi berdiri menggunakan lem, pada selembar karton yang sudah digambari pola dasar menggunakan pensil.

Ketika semua terangkai, bagian belakang karton direkatkan pada papan kayu, yang sudah diberi dua papan penyangga, untuk memasang sebilah kayu sebagai pegangan tangan pembatik. Kini, sudah puluhan motif alat batik cap berhasil dibuat, ukurannya pun bervariasi, paling besar 20×20 cm.

”Ada yang motif tumpal untuk bagian sisi pada batik, kemudian ada yang lebih rumit lagi seperti motif parang, lereng, semen, apalagi motif berbentuk garis melengkung”, ujar Nur Rohmat.

Fitri Andonowarih usia 21 tahun, mengaku kesulitan saat pertama kali belajar membuat alat batik cap dari kertas limbah. Namun mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta itu merasa tertantang, karena ini hal baru baginya.

”Kesulitannya di kerapian, terus ketelitian juga, kendalanya disitu, sama bikin garisnya kalau motif harus sama, karena ini baru pertama kali juga, tapi menurut saya hal yang baru, jadi semangat aja belajarnya, alat ini lebih ekonomis juga buat perajin batik”, ungkapnya. (WS/AA)

 

Sumber: Artikel tahun 2017 RRI.co.id

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X