Lingkungan

Menciptakan Lingkungan Bersih, Indah dan Sehat

pada

(Labsos UNU – Panggungharjo) Menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan sehat itu bisa dilakukan oleh semua orang. Baik  dari kalangan  anak kecil hingga dewasa. Namun, kesadaran untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat kurang disadari oleh masyarakat. Tidak jarang dengan berbagai alasan, masyarakat kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan sekitar.

Seharusnya, masyarakat sadar dengan kebersihan lingkungan yang menjadi pondasi awal untuk lingkungan yang bersih dan sehat. Namun, masyarakat terlalu lalai untuk mengingat hal itu. Bahkan di era teknologi yang sudah berkembang, pola pikir masyarakat masih belum berkembang terkait dengan pentingnya kebersihan lingkungan.

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih akan menjauhkan kita dari sumber penyakit yang berkembang di sekitar lingkungan. Hal tersebut tentu berkaitan dengan pola hidup sehat masyarakat.

Walaupun hanya sebatas sekitar rumah, tetapi lingkungan rumah menjadi faktor utama yang dekat dengan kehidupan manusia. Sehingga, menjaga kebersihan lingkungan rumah seharusnya sudah menjadi tanggung jawab setiap individu. Lingkungan rumah termasuk hal utama yang harus dijaga kebersihannya terlebih dahulu, karena sampah berawal dari lingkungan rumah

Bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan indah ?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat lingkungan yang bersih, sehat, dan indah. Diantaranya ada empat cara untuk membuat lingkungan tersebut. 

Pertama, membuang sampah pada tempatnya. Kita bisa memulai membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Misalkan ketika kita menemukan sampah yang berserakan, kita bisa membuangnya ke dalam tempat sampah. Sehingga tidak hanya petugas kebersihan saja yang melakukannya, tetapi kita juga bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan.

Kedua, melakukan pemilahan sampah sesuai  jenisnya. Terdapat dua jenis sampah, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik yaitu sampah basah yang bisa diolah dan dijadikan pupuk. Sedangkan sampah anorganik atau sampah kering adalah sampah yang tidak bisa diurai atau membusuk. Pemilahan sampah perlu dilakukan untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan indah 

Ketiga, melakukan kegiatan kerja bakti. Menjaga kebersihan lingkungan bisa dilakukan dengan rutin melalui kegiatan kerja bakti atau gotong royong. Hal ini bertujuan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan mempererat hubungan antar warga. Sehingga bisa mewujudkan kebersihan lingkungan bersama. Kerja bakti atau gotong royong bisa dilakukan sekali dalam seminggu.

Cara yang terakhir yaitu menanam tanaman. Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, kita bisa melakukan penghijauan. Makin banyak pohon dan tanaman, maka lingkungan akan terasa lebih bersih dan indah. (AZIZALBADRI)

Tentang Eka Birawan

kadang kesendirian lebih berharga, ketimbang kebersamaan yang tidak independent

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X