Lingkungan

Sarana dan Prasarana Olahraga Desa Panggungharjo

pada

(Labsos UNU – Panggungharjo) Sarana prasarana olahraga adalah sumber daya pendukung yang terdiri dari segala macam bentuk dan jenis peralatan serta perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan olahraga. Keberadaan sarana olahraga dalam masyarakat dapat memberikan sebuah makna terhadap kehidupan manusia serta dapat dijadikan media pendidikan atau kegiatan positif yang lainnya.

Sebuah kegiatan tersebut sendiri tidak lepas dari adanya organisasi gerak yang dilakukan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan selaras dan mencapai tujuan yang diinginkan. Organisasi bisa saja berupa sebuah peraturan dan organisasi sendiri tidak berhenti sampai disitu. Sebuah perkumpulan dari kegiatan-kegiatan yang sama akan menghasilkan sebuah organisasi yang dapat mengatur, menyelenggarakan, atau mengembangkan sebuah kegiatan agar lebih dapat berguna bagi kehidupan masyarakat.

Desa Panggungharjo, merupakan salah satu desa yang tersedia adanya berbagai sarana prasarana olahraga seperti lapangan sepakbola, lapangan voli, GOR badminton yang mana jumlahnya sendiri terbilang cukup banyak. Bahkan hampir di setiap padukuhannya memiliki variasi sarana prasarana olahraganya sendiri.

Sarana prasarana olahraga tersebut tidak hanya bisa menjadi tempat untuk berolahraga. Namun, bisa juga berpotensi atau juga bisa menjadi alternatif dengan memanfaatkannya sebagai tempat untuk kegiatan-kegiatan yang lain. Seperti sebagai tempat sebuah acara semisal sosialisasi, festival desa, seminar, acara amal dan kegiatan positif lainya.

Di Desa Panggungharjo sendiri terdapat kurang lebih 12 lembaga dan banyak organisasi yang sudah aktif dalam berbagai kegiatan desa. Lembaga ini bisa menjadi penunjang dan pendukung dalam pemanfaatan sarana prasarana olahraga. Sehingga kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan akan lebih mudah pelaksanaannya.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, maka akan terjadi sebuah perkumpulan masyarakat desa. Hal ini diharapkan bisa menjadi media bersosialisasi antar warga desa, mengenalkan berbagai lembaga desa yang ada, menumbuhkan rasa peduli antar warga desa bahkan juga bisa untuk meningkatkan aktivitas ekonomi warga desa semisal UMKM yang ada di Desa Panggungharjo dan juga memacu pertumbuhan ekonomi desa.

Adapun untuk mewujudkan pemanfaatan sarana olahraga sebagai tempat untuk kegiatan-kegiatan positif warga ada beberapa opsi yang bisa menjadi sebuah strategi. Diantaranya yakni melakukan peningkatan kapasitas para pendamping profesional agar memiliki kemampuan dalam memanfaatkan fasilitas desa, melakukan identifikasi sarana olahraga desa, perencanaan dan pelaksanaan, serta pemanfaatan dan pengelolaan sarana olahraga desa agar kegiatan yang akan dilakukan menjadi kegiatan yang berkelanjutan.

Strategi selanjutnya yaitu memberi fasilitas dan advokasi kepada pemerintah daerah agar memberikan dukungan baik secara materi ataupun yang lainnya kepada Desa Panggungharjo dengan pembangunan dan pengelolaan sarana olahraga desa.Strategi yang terakhir yaitu memberi fasilitas pengelolaan, pengembangan dan pemasaran yang dapat dilakukan oleh BUMDes Panggungharjo. Selain itu, rasa saling percaya dan bekerjasama antar lembaga, organisasi, dan warga desa juga menjadi sebuah kunci agar pelaksanaan pemanfaatan sarana olahraga sebagai tempat untuk kegiatan-kegiatan tersebut berjalan lancar dan meminimalkan kendala-kendala yang
ada. (SAHAL)

Tentang Eka Birawan

kadang kesendirian lebih berharga, ketimbang kebersamaan yang tidak independent

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X