Pemerintahan

Deskripsi Kantor Kalurahan Panggungharjo

Oleh

pada

Beberapa hari yang lalu, ada seorang ibu-ibu cantik turun dari sebuah mobil yang berhenti tepat di utara kantor PSID Panggungharjo kemudian tiba-tiba masuk ke kantor PSID sambil menanyakan dimanakah kantor pelayanan Panggungharjo? Sontak saya dan teman-teman memberitahukan bahwa kantor pelayanan berada di sebelah utara gedung aula Kalurahan Panggungharjo.

Dalam benak saya,”hari gini belum tahu kantor pelayanan Panggungharjo”. Tetapi hal tersebut menjadi sangatlah  wajar. Harap kita maklumi bersama. Bisa jadi ibu-ibu cantik tadi belum pernah sama sekali datang ke Kalurahan Panggungharjo. Bisa jadi saat ini sedang membutuhkan pelayanan dari Kalurahan Panggungharjo. Dan sebelumnya belum membutuhkan pelayanan dari Kalurahan Panggungharjo sehingga belum merasa penting untuk mendatangi kantor pelayanan Panggungharjo. Atau bisa jadi ibu-ibu cantik tadi adalah warga Panggungharjo yang baru saja pindah domisili.

Dari kejadian diatas maka saya berinisiatif mendeskripsikan detail bangunan yang berada di komplek Kalurahan Panggungharjo beserta orang-orang di dalamnya. Saya mulai dari sebelah utara sebelah barat sendiri adalah bangunan mushola Abdul Hamid, yaitu mushola milik Kalurahan Panggungharjo beserta bangunan tempat wudhu dan kamar mandi. Di sebelah timur mushola adalah tempat parkir sepeda motor yang diperuntukkan bagi semua aparatur kalurahan maupun bagi semua warga yang datang sebagai tamu.

Di sebelah timur tempat parkir adalah kantor pelayanan terpadu Kalurahan Panggungharjo. Buka setiap hari, Senin-Kamis, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Khusus hari Jumat, mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Hari Sabtu libur. Di kantor pelayanan terpadu ini terdapat 6 loket pelayanan yang terdiri dari:

Loket 1 untuk pelayanan pertanahan meliputi: konversi tanah, keterangan harga tanah dan keterangan beda nama, yang diampu oleh Hermanu.  Loket 2 untuk pelayanan kependudukan meliputi: akta kelahiran, akta kematian, pindah penduduk, masuk penduduk, domisili penduduk, dan pengantar SKCK, yang diampu oleh Adeliani Eva Hapsari.  Loket 3 untuk pelayanan umum meliputi: KUR, legalisir, pengesahan proposal, ijin keramaian, dan keterangan lainnya, yang diampu oleh Tuminah.

Loket 4 untuk pelayanan ekbang meliputi: IMB, domisili usaha, keterangan usaha, dan pengairan, yang diampu oleh Aries Setyawan. Loket 5 untuk pelayanan sosial meliputi: SKTM, keterangan status, keterangan beda nama, penghasilan orang tua, dan keterangan lainnya, yang diampu oleh Muhammad Eko Triadi. Loket 6 untuk pelayanan sosial meliputi: nikah, pengantar duplikat surat nikah, keterangan wali nikah, pengantar cerai, yang diampu oleh Tiara Yudisha.

Di dalam ruang pelayanan terpadu, terdapat ruang kerja Kamituwo: Hosni Bimo Wicaksono di sebelah utara dan ruang kerja Jagabaya: Muhammad Ali Yahya di sebelah selatan. Di sebelah timur kantor pelayanan terpadu terdapat ruang kerja, mulai dari sebelah utara, adalah ruang kerja Kaur Pangripta: Sunardiyono disusul sebelah selatannya adalah ruang kerja staf Kamituwa: Sri Rejeki, dan Anshoriyah. Di sebelah timur Kaur Pangripta, adalah ruang kerja Ulu-Ulu: Agung Prananto kemudian di sebelah selatan ruang kerja  staf Ulu-Ulu: Sugiharto di sebelah utara,  dan Retno Setyowati, di sebelah selatan.

Di sebelah timur Ulu-Ulu, terdapat satu ruang kerja Carik: Yuli Trisniati beserta ruang kerja Kaur Danarta: Minarsih, beserta tiga orang staf. Adapun posisi ruang kerja secara detailnya, mulai dari sebelah barat paling selatan adalah Sri Estuningsih, staf Kaur Pangripta dan Novisar Dwi Riccawati, staf Carik di sebelah utara. Di sebelah timur paling selatan adalah ruang kerja Carik: Yuli Trisniati  disusul sebelah utaranya ruang kerja Kaur Danarta: Minarsih dan paling utara adalah Okta Dwi Lestari, staf Kaur Danarta.

Di sebelah selatan ruang kerja Carik, mulai dari sebelah timur adalah ruang kerja Kaur Tata Laksana: Kuat Sejati beserta tiga orang staf:  Wisnu Arif Wibowo, Rubiyanto dan Tana Kuswaya. Dan di sebelah selatan ruang kerja Kaur Tata Laksana, adalah Kantor Lurah Panggungharjo: Wahyudi Anggoro Hadi beserta ruang tamunya.

Di kompleks sebelah tengah adalah bangunan aula Kalurahan Panggungharjo, sebagai tempat pertemuan warga dalam jumlah besar. Di sebelah timur aula, terdapat kamar mandi di sebelah utara kemudian disusul di sebelah selatannya adalah ruang kuliah yang berfungsi sebagai tempat pertemuan yang kapasitasnya lebih sedikit daripada aula, dan ruang TP PKK Kalurahan Panggungharjo, di sebelah selatan.

Di sebelah timur ruang kuliah adalah dapur umum, yang ditempati oleh Haryanto dan keluarga. Di sebelah selatan ruang TP PKK adalah Gedung Olah Raga (GOR) Panggungharjo dengan desain dinding GOR tersebut adalah gambar semua Lurah Panggungharjo dari masa ke masa dan beberapa gambar tokoh pahlawan nasional disertai sebuah tulisan berhuruf kapital semua “JALAN PEMIMPIN BUKAN JALAN YANG MUDAH. MEMIMPIN ADALAH MENDERITA.”

Sementara di sebelah selatan GOR berturut-turut mulai dari yang paling timur ke barat adalah kantor FPRB Kalurahan Panggungharjo, sekretariat KTCA, kantor PSID, kantor BUMDes Panggung Lestari, satu kamar mandi, dan  kantor Bapel JPS Kalurahan Panggungharjo beserta beberapa unit usahanya yaitu berupa mesin foto kopi, ATK, dan aneka minuman dingin. Semoga bermanfaat bagi semua yang membaca. Terutama bagi semua warga Panggungharjo yang membutuhkan apapun tanpa kecuali. Agar memiliki gambaran ketika mau datang ke kantor Kalurahan Panggungharjo untuk kepentingan apa dan mau bertemu dengan siapa (JNT).

Tentang Junaedi

Penulis esai. Penulis Buku Cuitan Wong Ndeso. Bekerja sebagai staf PSID, yang membawahi PCL.

Baca Juga

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X