Keagamaan

Rapat Panitia Qurban Masjid Nurul Iman

pada

Dongkelan (Media Panggungharjo) – Dalam menyambut Hari Raya Iedul Adha yang identik dengan Qurban pastilah masyarakat muslim disibukkan dengan berbagai persiapan yang memadai, termasuk rapat panitia qurban. Begitu pula jama’ah muslim Masjid Nurul Iman yang berada di pedukuhan Dongkelan, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY, yang menyelenggarakan rapat panitia qurban pada Kamis (8/9/2016) malam kemarin bertempat di serambi Masjid Nurul Iman.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh warga Pedukuhan Dongkelan mulai dari RT 01 hingga RT 04 baik pemuda, bapak-bapak maupun ibu-ibu.  Acara pertama-tama dibuka oleh Tugino selaku ketua takmir Masjid Nurul Iman yang selanjutnya diserahkan kepada pembawa acara yaitu Suparwoto.

Hermiyanto selaku ketua panitia qurban menjelaskan bahwa penyembelihan hewan qurban kali ini berbeda dengan tahun-tahun yang lalu karena di tahun yang lalu penyembelihan dilaksanakan sehari setelah shalat Iedul Adha. Sedangkan pada tahun ini akan dilaksanakan pada hari Senin (12/9/2016) langsung setelah shalat Iedul Adha. Hermiyanto juga berpesan kepada warga yang hadir agar ikut mempersiapkan tempat penyembelihan pada hari Jum’at (9/9/2016) setelah shalat Jum’at. Selain itu dia juga menginformasikan bahwa akan diselenggarakan tausiyah buka bersama pada hari Ahad (11/9/2016) sore dengan mengundang para sohibul qurban.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan susunan panitia oleh Hanto yang dilanjutkan dengan acara diskusi para panitia qurban yang telah dibentuk sebelumnya oleh takmir Masjid Nurul Iman. Dalam acara tersebut, Nugroho selaku perwakilan sekaligus ketua dari PRISMA (Persatuan Remaja Masjid) Nurul Iman mengungkapkan bahwa takbir keliling akan diampu oleh PRISMA Nurul Iman dengan rute mengelilingi RT 01 hingga RT 04 Pedukuhan Dongkelan pada Minggu (11/9/2016) malam mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai. Nugroho juga mengusulkan beberapa nama anggota PRISMA Nurul Iman untuk dicantumkan dalam kepanitiaan sub seksie panitia cuci jeroan dan distribusi daging. Selain itu dia mengusulkan agar remaja putri PRISMA Nurul Iman diperbantukan didalam panitia sub seksie pemisahan daging.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video tuntunan penyembelihan hewan kurban serta tata cara perawatan daging hewan kurban yang baik dan benar yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sohibul qurban oleh Hanto. Setelah acara pembacaan sohibul qurban selesai, Hanto menginformasikan bahwa sampai saat ini (waktu rapat -red) hewan kurban yang pasti akan disembelih yaitu 7 ekor sapi serta 1 ekor kambing. Disamping itu Hanto juga menginformasikan bahwa pelaksanaan Sholat Iedul Adha di Masjid Nurul Iman akan dimulai pukul 06.30 WIB, Senin (12/9/2016), dengan imam dan khotib Ustadz Abu Nila dari Pedukuhan Krapyak Kulon, Desa Panggungharjo.

Di penghujung acara Hermiyanto berpesan agar panitia mempersiapkan diri lebih awal, tidak seperti tahun-tahun yang lalu, sehingga pelaksanaan pendistribusian daging qurban selesai tidak sampai sore. (BGX)

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X