Lingkungan

Rakor Pelaksanaan PKTD STBM

pada

Panggungharjo Media, Pada hari Selasa (12/10) malam dilaksanakan kegiatan koordinasi SBTM bertempat di aula Kalurahan Panggungharjo. Dalam kesemapatan tersebut hadir Ibu Nunuk Surveilans Puskesmas Sewon 2, Hosni Bimo Wicaksono Kamituwo Kalurahan Panggungharjo, Dukuh dan tamu undangan.

Program Padat Karya Tunai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (PKTD STBM) terdiri dari 5 pilar yaitu : Stop Buang Air Besar Sembarangan/ Stop BABS, Cuci Tangan Pakai Sabun/ CTPS, Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga/ PAM-RT, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Pengelolaan Air Limbah Rumah Tangga. Upaya tersebut merupakan usaha mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Di tingkat Kalurahan dibentuk KKM (Kelompok Kerja Masyarakat) yang bertugas mendampingi pelaksanaannya.

Dalam penjelasannya Ibu Nunuk menyampaikan bahwa nantinya jumlah nominal bantuan beragam tergantung kebutuhan dan kekurangan di lapangan. Sumber dana untuk program ini berasal dari Kementerian Kesehatan RI. Sisi lain, batas waktu pengerjaan yaitu sampai dengan akhir bulan Oktober tahun 2021. (JML)

Tentang Eka Birawan

kadang kesendirian lebih berharga, ketimbang kebersamaan yang tidak independent

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X