Ekonomi

Pasardesa.id Mewujudkan Masyarakat Mandiri Sejahtera

pada

Panggungharjo Media, Dr. Suprapedi, M.Eng Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kementerian Desa RI mengunjungi Kalurahan Panggungharjo untuk melakukan pengamatan secara langsung tentang aplikasi Pasardesa.id yang merupakan layanan belanja online yang mengangkat produk warga desa/kalurahan. Dalam kesempatan tersebut hadir Wahyudi Anggoro Hadi Lurah Panggungharjo, Sholahudin Nur’azmy CEO Pasardesa.id dan tim Yayasan Sanggar Inovasi Desa bertempat di Kampoeng Mataraman (17/9).

Menurut Suprapedi, dirinya dan tim peneliti dari Kemendes telah melakukan pengamatan dari data maupun informasi yang didapat. Selanjutnya dilengkapi dengan kunjungan ke lapangan untuk melihat secara langsung pengelolaan sistem di Pasardesa.id mulai alur pemesanan produk sampai pengantaran produk ke pembeli. “Kami sudah praktekkan dan membuktikan cara pelayanan yang di lakukan oleh Pasardesa.id, ini sangat berpeluang untuk dikembangkan di desa lainnya”, terang Suprapedi.

Lebih lanjut Wahyudi Anggoro Hadi Lurah Kalurahan Panggungharjo menjelaskan adanya platform digital melalui Pasardesa.id merupakan komitmen Pemerintah Kalurahan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan warganya. Ditahun 2024 ditargetkan 100% warga Panggungharjo menjadi keluarga mandiri sejahtera, oleh karenanya diharapkan adanya Pasardesa.id menjadi salahsatu menggerakkan aktivitas perekonomian dari desa.

Sholahuddin Nur’azmy menambahkan Pasardesa.id adalah platform digital untuk menjajakan produk warga Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, yang telah meraup omzet Rp2,5 miliar dalam setahun ini.

“Transaksi di dunia maya mengalami peningkatan yang signifikan selama pandemi ini. Secepat mungkin warga desa harus mampu beradaptasi dengan dunia pasar digital,” kata CEO Pasardesa tersebut.

Menurut dia, warga desa tak semestinya hanya menjadi konsumen, melainkan harus menjadi produsen yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat meskipun ditengah dampak pandemi banyak peluang untuk meningkatkan penjualan salahsatuhya melalui Pasardesa.id. (JML)

Tentang Eka Birawan

kadang kesendirian lebih berharga, ketimbang kebersamaan yang tidak independent

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X