Pembangunan

Progres Pembangunan Balai Budaya

pada

Panggungharjo Media, Proses pembangunan Balai Budaya di Kalurahan Panggungharjo terus berjalan dan saat ini sudah hampir 80% proses pengerjaannya. Pembangunan balai budaya merupakan program dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai upaya pelestarian, pembinaan dan pengembangan kekayaan potensi seni budaya.

Di tahun 2021 Pemda DIY sedang menjalankan proses pembangunan balai budaya dengan sumber anggaran menggunakan mekanisme Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan langsung ke Pemerintah Desa/Kalurahan.

Tiga balai budaya saat ini proses pembangunannya berjalan tersebut berlokasi di tiga Desa Budaya, yakni Girikerto, Sleman; Sendangagung, Sleman; dan Panggungharjo, Bantul.
Berdirinya balai budaya di kalurahan merupakan hasil monitoring dan evaluasi dari Balai Budaya yang sudah ada, konsep balai budaya untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.

Selanjutnya, pembangunan balai budaya tidak hanya berupa bangunan balai budaya saja, akan tetapi dilengkapi dengan bangunan pendukung untuk mempermudah dalam penggunaan balai budaya sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
Saat ini bangunan yang sudah berdiri meliputi pendopo, ruang untuk menyimpan gamelan dan properti lainnya, toilet laki-laki dan perempuan, ruang ganti laki-laki dan perempuan, pintu masuk pendopo dengan gapura.

Pemda DIY mulai membangun Balai Budaya sejak 2010 silam, sebagai sarana pengembangan seni dan budaya yang ada di Desa dan Kalurahan Budaya. Salahsatunya yang akan segera resmikan pada waktunya yaitu Bali Budaya di Kalurahan Panggungharjo. (JML)

Tentang Eka Birawan

kadang kesendirian lebih berharga, ketimbang kebersamaan yang tidak independent

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X