Ekonomi

Profil Kang Asep : Pemilik Pojok Ayam Anyam dan Terapis di Sorowajan

pada

Panggung Media, Kang Asep begitulah panggilan pemilik pojok Ayam Anyam yang berlokasi di dusun Sorowajan, Pangungharjo, Sewon, Bantul lokasi persis di sebelah timur Rusunawa Sorowajan. Sekilas bangunan unik yang dibuat Kang Asep tidak berbeda dengan bangunan klasik lainnya. Dengan bahan bangunan yang di dominasi kayu Kang Asep menjadikan lokasi ini semakin unik dan estetik, karena banyak simbol dan gambar seekor ayam yang menghiasa beberapa sudut bangunan, mulai dari lantai, pot, lukisan dan salahsatu karya yang fenomenal yaitu Kang Asep dapat membuat ayam mini dari bahan tanah, sehingga dari karyanya tersebut menghantarkan Kang Asep bisa keliling nusantara.

Area yang didapat dari sewa tanah kas Kalurahan Panggungharjo tersebut telah berdiri beberapa bangunan dengan berbagai fungsi dan keunikan serta ke kekhasannya. Di bangunan pendopo depan digunakan untuk membuka layanan pijat, pendopo tengah sebagai ruang santai, pendopo timur digunakan untuk display karya dan Coffee Corner dan yang paling unik yaitu bangunan di belakang (paling timur) ada ruang produksi karya dan kandang untuk kawin silang ayam.

Menurut penuturan Kang Asep dikandang tersebut sudah banyak jenis ayam baik yang lokal maupun dari negara lain, salahsatunya ayam khas negeri matahari Jepang yaitu ayam Onagadori yang memiliki ekor sepanjang kurang lebih satu meter. Ayam jenis Onagadori adalah jenis ayam dari Jepang yang bersejarah ditandai dengan ekor yang sangat panjang. Ayam ini dibudidayakan pada abad ke tujuh belas di pulau Shikoku Jepang Selatan dan ditetapkan sebagai harta karun alam nasional Jepang pada tahun 1952. Ayam ini adalah salahsatu leluhur dari jenis ayam yang memiliki ekor panjang di dunia.

Sisi lain hal menarik lainnya, dari profil Kang Asep yang selalu menebar humor dan joki-joki yang membuat orang tertawa selain sebagai seorang seniman yaitu Kang Asep sebagai seorang terapis pijat. Salahsatu kliennya yaitu Wahyudi Anggoro Hadi Lurah Panggungharjo yang pernah mengalami kecelakaan sehingga kakinya mengalami cidera. Dari tangan Kang Asep kini keluhan akibat cidera yang dialami Lurah Panggungharjo berangsur pulih. Kemampuannya tersebut telah banyak klien yang sembuh dan banyak media meliput profil Kang Asep. (JML)

Tentang Eka Birawan

kadang kesendirian lebih berharga, ketimbang kebersamaan yang tidak independent

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X