Keagamaan

Idul Adha, Warga Garon Sembelih 12 Hewan Kurban

pada

Garon (Media Panggungharjo) – Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, la ilaha illa Allahu Allahhu Akbar, Allahu Akbar wa lillahilham. Takbir berkumandang dan menggema, warga Pedukuhan Garon bergegas melaksanakan salat Idul Adha di  Masjid Taqwa Garon untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

Salat yang dilaksanakan pada Rabu (22/08/2018) pagi pukul 06.50 WIB ini di imami oleh Kiai Yazid Bustomiy. Selesai salat Idul Adha, khatib naik mimbar untuk mengisi khotbah, dalam khotbahnya ia menyampaikan beberapa keutamaan berkurban, perintah berkurban, dan kisah Nabi Ibrahim AS yang menyembelih putranya untuk dikurbankan.

“Melalui penyembelihan hewan kurban ini diharapkan dapat menjadikan manusia yang bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT, semoga ibadah kurban dari mudhahhy (orang yang berqurban) diterima Allah SWT dan menjadi amal shodaqoh,” tutur Yazid di akhir khotbahnya.

Setelah khotbah selesai, imam shalat Idul Adha yang sekaligus takmir Masjid Taqwa Garon membacakan daftar warga yang berkurban pada Idul Adha 1439 H. Total ada 12 hewan kurban dengan rincian dua ekor sapi dan sepuluh ekor kambing.

Warga Garon melakukan penyembelihan hewan kurban sekitar pukul 08.50 WIB bertempat di Lapangan Bakti Pancasila,  Setelah melafadzkan kalimah takbir K.H. Muhammad Ma’shum menyembelih hewan-hewan kurban dalam waktu yang bertahap.

Adapun pemuda dan bapak-bapak selepas membantu penyembelihan hewan kurban, dibagi dalam beberapa kelompok untuk bertugas mencuci jeroan (bagian dalam tubuh sapi/kambing yang terdiri dari usus, limpa dan babat -red) di sungai sekitar Pedukuhan dan memotong daging kurban di Lapangan Bakti Pancasila sebelum membagikan ke warga.

Idul Adha tahun ini, panitia membagikan ratusan kantong daging sapi dan kambing yang berisi masing-masing sekitar 1,5 kilogram kepada warga RT 01-04 Pedukuhan Garon. Daging kurban ini dibagikan dengan cara dari rumah ke rumah oleh pemuda hingga selesai pada pukul 11.30 WIB. (van)

 

Tentang Fajar Irvan Rifai

learn from everyone

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X