Anak

Tim Monev Lomba Simulasi Pola Asuh Anak Tingkat DIY Kunjungi Desa Panggungharjo

pada

Panggungharjo (Media Panggungharjo) – Tim monev lomba simulasi pola asuh anak tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta lakukan kunjungan ke Balai Desa Panggungharjo dalam rangka penilaian simulasi pola asuh anak yang diselenggarakan oleh kelompok simulasi Dewi Larasati dari TP-PKK Panggungharjo, Senin (7/8/2017).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam Atika Suryodilogo (wakil TP-PKK DIY), Tim monitoring dan evaluasi simulasi lomba pola asuh anak dan remaja tingkat DIY, TP-PKK Kabupaten Bantul, Muspika Kecamatan Sewon, Lurah Desa Panggungharjo, Ketua TP-PKK Desa Panggungharjo, kader-kader PKK Desa Panggungharjo, dan Forum Remaja Sehat (FRESH).

Dalam sambutannya, Hj. Erna Kusmawati Suharsono selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa tim monitoring dan evaluasi tidak hanya untuk melakukan penilaian namun juga memberikan pengarahan dan bimbingan kepada TP-PKK Desa Panggungharjo dalam meningkatkan pola asuh anak dan remaja di Desa Panggungharjo.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Desa Panggungharjo dan kader-kader PKK Desa Panggungharjo yang telah menyiapkan segala sesuatunya pada hari ini.”tutur Hj. Erna Kusmawati Suharsono dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP-PKK DIY, GKBRAy Adipati Paku Alam dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada kader-kader PKK yang telah hadir pada acara monitoring dan evaluasi lomba simulasi pola asuh anak dan remaja di Desa Panggungharjo. Ia menambahkan, anak-anak memang seharusnya dibimbing bersama orangtua, karena bagi anak keluarga adalah yang pertama dan utama.

“Saya percaya bahwa Desa Panggungharjo akan mendapat penilaian terbaik. Karena selama ini Desa Panggungharjo tidak hanya dikenal di Yogyakarta tapi juga sampai se-Indonesia.”ungkap GKBRAy Adipati Paku Alam.

GKBRAy Adipati Paku Alam juga berpesan kepada para kader agar di Desa Panggungharjo jangan sampai ada anak terlantar serta orang tua harus tahu permasalahan anak sehingga solusi pemecahannya dapat segera diatasi.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan administrasi di ruang PKK. Adapun dalam kegiatan tersebut, tim monitoring juga disuguhkan peragaan simulasi pola asuh anak dari kelompok simulasi Dewi Larasati yang dikemas dengan permainan. Selain simulasi pola asuh anak, tim monitoring juga di perlihatkan  pembuatan gelas dari botol bekas dan simulasi pola asuh remaja yang dikemas dalam permainan ular tangga oleh FRESH.

Salah satu anggota tim monev dalam sesi acara kesan pesan menyampaikan bahwa ia  merasa terkesan karena dalam acara tersebut disambut senam bugar lansia dan dapat melihat ekonomi kreatif yang dilakukan oleh para difabel. Selain itu, ia juga merasa terkesan melihat simulasi pola asuh anak yang diperagakan oleh kelompok simulasi Dewi Larasati.

“Kader-kader PKK tampak terlihat luar biasa dengan jerih payahnya pada kegiatan hari ini. Mudah-mudahan bisa mendapat penilaian yang bagus dan maksimal.”kata salah satu tim monitoring dan evaluasi yang memberikan kesan pesannya tersebut.

Pada akhir acara, tim monitoring dan evaluasi simulasi lomba pola asuh anak dan remaja tingkat DIY dilepas oleh Lurah Desa Panggungharjo mewakili Bupati Bantul yang tidak dapet hadir pada kesempatan tersebut. (E.M)

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X