Badan Usaha

Kemendesa Selenggarakan Field Trip Di BUMDes Panggung Lestari

pada

Panggungharjo (Media Panggungharjo) – Kemendesa bekerjasama dengan PT.Bank Negara Indonesia,Tbk (BNI) selenggarakan field trip (Karya Wisata) ke BUMDes Panggung Lestari di Aula Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Kamis (27/7/2017).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Fajar Tri Suprapto, SE, M.SI (Kepala Biro Humas dan Kerjasama Kemendes PDTT), Drs. Mahmudi, M.Si (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), R. Wawan Adinarmiharja, SE.,MP (Pimpinan BNI cabang Yogyakarta), Lurah Desa Panggungharjo, Perangkat Desa Panggungharjo, dan BUMDes Panggung Lestari.

Dalam sambutannya, Drs. Mahmudi, M.Si., mewakili Bupati Bantul menghaturkan selamat datang kepada para peserta field trip di bumi Projotamansari Kabupaten Bantul ini yang mempunyai visi Bantul sehat, cerdas, dan sejahtera secara keagamaan. Mahmudi juga menuturkan bahwa BUMDes Panggung Lestari di Desa Panggungharjo ini merupakan BUMDes kepunyaan sang juara lomba desa nasional tahun 2014.

Sedangkan, Kepala Biro Humas dan Kerjasama Kemendes PDTT, Fajar Tri Suprapto, menyampaikan bahwa BUMDes merupakan salah satu dari 5 program Kementrian Desa. Fajar Tri Suprapto juga menambahkan, adanya BUMDes di Desa Panggungharjo ternyata bisa mengoptimalkan kesejahteraan masyarakat.

“Filosofi dari kata desa itu sendiri yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengelolaan pembangunan.” ungkap Fajar Tri Suprapto.

Fajar Tri Suprapto berharap, semoga adanya BUMDes di Kabupaten Bantul bisa memanfaatkan potensi yang ada di desanya masing-masing sehingga masyarakat juga bisa ikut mengelolanya.

“Teman-teman dari peserta field trip bisa belajar langsung tentang pengelolaan BUMDes dari Lurah Desa dan warga Desa Panggungharjo. Jangan malu belajar.” pesan Fajar Tri Suprapto dalam sambutannya.

Wawan Adinarmiharja selaku pimpinan BNI cabang Yogyakarta pada kesempatan tersebut menghaturkan selamat datang untuk para peserta field trip di Desa Panggungharjo yang ada di Kabupaten Bantul ini. R. Wawan Adinarmiharja menambahkan, BUMDes Panggung Lestari merupakan mitra BNI yang sudah berperan aktif meningkatkan perekonomian di Desa Panggungharjo.

“Setelah sambutan saya, Lurah Desa Panggungharjo akan sampaikan kepada peserta field trip tentang apa yang ada di BUMDes Panggung Lestari seperti pengolahan sampah, minyak jelantah, dan swadesa.” tutur R. Wawan Adinarmiharja.

Wawan Adinarmiharja juga memaparkan, sampah kadang di pandang sebelah mata oleh msayarakat tapi tidak dengan di Desa Panggungharjo, justru sampah bisa dijadikan sebagai mata pencaharian untuk warganya.

“BNI cabang Yogyakarta akan selalu mendukung bagaimanapun keadaan ekonomi di Desa Panggungharjo.”pungkas R. Wawan Adinarmiharja. (E.M)

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X