SADEPA

SADEPA adalah akronim dari Sanggar Anak Desa Panggungharjo yang merupakan sebuah forum anak di Desa Panggungharjo dan berguna sebagai wadah atau pranata partisipasi bagi anak yang belum berumur 18 tahun. Selain sebagai wadah partisipasi anak, SADEPA juga berguna sebagai wadah pemenuhan hak-hak dasar anak yang terdiri dari hak untuk hidup, untuk tumbuh kembang, serta untuk mendapatkan perlindungan. Didalam UU Nomor 23 tahun 2002 dijelaskan bahwa yang dimaksud anak yaitu seseorang yang belum berusia 18 tahun termasuk anak dalam kandungan.

Forum anak SADEPA ini sengaja dibentuk oleh Pemerintah Desa Panggungharjo dengan tujuan mendorong anak agar dapat aktif mengembangkan dirinya sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan masing-masing anak tersebut.

Secara umum, SADEPA ini mempunyai tugas pokok yaitu:

  • Sarana penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme, serta pengembangan karakter bangsa.
  • Sarana menuangkan aspirasi dan kreativitas anak di desa yang disampaikan dengan suasana bermain, partisipatif, dan rekreatif.
  • Sarana peningkatan mutu serta kualitas anak.
  • Sebagai wadah aspirasi anak dalam pembangunan di Desa Panggungharjo.

Sedangkan fungsi SADEPA diantara lain:

  • Sosialisasi hak dan kewajiban anak di lingkungan teman sebaya.
  • Memantau pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban anak.
  • Menyuarakan aspirasi anak.
  • Melibatkan diri dalam proses pengambilan keputusan Pemerintah Desa Panggungharjo.
  • Mendorong anak-anak agar aktif mengembangkan potensinya.

Pembentukan SADEPA sendiri bermula sejak pasca Try Out pada tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Panggungharjo bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar SMARTGAMA. Pembentukan SADEPA disahkan dengan Surat Keputusan (SK) Lurah Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pembentukan Pengurus Forum Anak Desa Panggungharjo.

Pada mulanya forum anak ini bernama FONAPA (Forum Anak Desa Panggungharjo). Kemudian berganti nama menjadi SADEPA ditandai dengan peresmian SADEPA pada tanggal 9 Maret 2016.

SADEPA ini juga pernah beberapa kali didampingi oleh berbagai pihak, antara lain:

  • KODAMA pada bulan Desember tahun 2015
  • Iwan RS pada bulan Februari hingga Maret tahun 2016
  • M. Masbukhin (Sanggar Sasana Rukun Marga Khasanah) dan Jamilludin (KODAMA) pada bulan April tahun 2016
  • SOS CHILDREN pada bulan Juni tahun 2016.
  • PMII Gadjah Mada pada bulan Oktober hingga November tahun 2016

KEANGGOTAAN & KEGIATAN

Anggota SADEPA merupakan perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan anak-anak dan dibina langsung oleh Pemerintah Desa Panggungharjo sebagai media pendengar dan pemenuh aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Hingga saat ini jumlah anggota SADEPA kurang lebihnya ada 30 orang dengan umur sekitar 15-19 tahun dan masih membuka kesempatan bagi anak-anak lain di wilayah Desa Panggungharjo untuk bergabung. Namun untuk bergabung menjadi anggota SADEPA-pun ada syaratnya, yaitu anak dengan minimal usia setingkat kelas 1 SMP sampai 18 tahun, bertempat tinggal di Desa Panggungharjo, punya kemauan memperjuangkan hak-hak dasar anak, dan aktif dalam organisasi.

Pertemuan rutin SADEPA sendiri biasanya diselenggarakan satu bulan sekali dengan tempat yang tidak menentu, terkadang di Balai Desa Panggungharjo, Podjok Budaya Pandes, atau rumah anggota. Hal tersebut dikarenakan belum adanya kesekretariatan tetap untuk SADEPA ini.

Selama ini SADEPA telah beberapa kali menjalankan program baik program dari SADEPA sendiri maupun program kerjasama dengan lembaga lain, seperti:

  • Kemah Anak Desa – Desember 2015
  • Peresmian Sanggar Anak Desa dan Pemberian Bantuan Beasiswa Pendidikan – Maret 2016
  • Bakti Sosial “BERBAGI FITRI DI BULAN   YANG SUCI” – Juni 2016
  • Festival Panggung Bertakbir – September 2016
  • Outbound Sanggar Anak Desa Panggungharjo – Februari 2017
  • Workshop Pengelolaan Perpustakaan – Mei 2017

KEGIATAN

PROGRAM UNGGULAN

Hingga saat ini SADEPA mempunyai beberapa program unggulan disusun dengan tata cara musyawarah mufakat antar anggota dengan mengedepankan prinsip kebermanfaatan untuk masyarakat, khususnya anak-anak. Adapun program unggulan tersebut yaitu:

PustaKawruh merupakan satu Taman Baca Masyarakat (TBM) yang dikelola secara mandiri oleh Forum Anak SADEPA. PustaKawruh sendiri merupakan akronim dari dua unsur kata yaitu Pustaka dan Kawruh (ilmu) yang mempunyai makna “menyebarkan ilmu melalui buku”. TBM PustaKawruh ini merupakan inisiasi dari SADEPA yang dihasilkan dari musyawarah anggota.

Adapun seluruh pengelolaan TBM mulai dari pengadaan, penginventarisan, klasifikasi, labeling, hingga penataan buku dilakukan oleh seksi TBM yang telah dibentuk dari Forum Anak SADEPA.

Di TBM PustaKawruh ini telah mempunyai koleksi kurang lebihnya 1200 buku yang merupakan hasil hibah maupun sumbangan dari lembaga lain ataupun masyarakat umum. Untuk kesekretariatan sendiri hingga kini belum mempunyai lokasi tetap dan masih berada di Kantor PSID Panggungharjo.

  • Contact Person PustaKawruh: 0857 1253 9263

PustaKaliling merupakan satu program turunan dari TBM PustaKawruh yang dikelola secara mandiri oleh Forum Anak SADEPA. PustaKaliling merupakan akronim dari dua unsur kata yaitu Pustaka dan Keliling. PustaKaliling ini adalah satu program TBM bergerak di Desa Panggungharjo yang secara teknis melakukan roadshow gerakan gemar membaca ke pedukuhan-pedukuhan di Desa Panggungharjo menggunakan book bike (sepeda buku) untuk meningkatkan minat baca di masyarakat khususnya bagi anak-anak.

  • Contact Person PustaKaliling : 0813 2975 3469

PustaKatalog merupakan satu program turunan dari TBM PustaKawruh yang dikelola secara mandiri oleh Forum Anak SADEPA. PustaKatalog merupakan akronim dari dua unsur kata yaitu Pustaka dan Katalog. PustaKatalog ini berupa satu program katalogisasi buku koleksi TBM PustaKawruh berbasis website. Diharapkan dengan hadirnya PustaKatalog ini dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui koleksi buku di TBM PustaKawruh secara online.

Bioskop Anak Desa merupakan satu program pemutaran film dengan konten ditujukan untuk anak-anak dan mempunyai nilai-nilai yang dapat diambil dari film tersebut. Tujuan dari pemutaran film ini yaitu untuk membangun kualitas mental dan pribadi anak sehingga menghasilkan penerus bangsa yang berkepribadian baik.

Adapun pemutaran film ini dilakukan sekali dalam setiap bulannya (kecuali bulan Ramadhan) dengan tempat yang berpindah-pindah. Sedangkan dalam bulan Ramadhan sendiri pemutaran film lebih ditujukan kepada TPA-TPA di Desa Panggungharjo.

  • Contact Person Bioskop Anak Desa : 0895 2650 2436

PRAU KERTAS merupakan satu event yang mempunyai tujuan menggali potensi bakat anak di Desa Panggungharjo. PRAU KERTAS sendiri merupakan akronim dari “Panggungharjo Untuk Kreativitas Tanpa Batas”. Event yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini dalam penyelenggaraannya mempunyai tema dan kegiatan berbeda-beda tergantung dari hasil musyawarah panitia yang dibentuk oleh Forum Anak SADEPA.

Penyelenggaraan Event

X